LKS
Larutan,
koloid dan suspensi
A.
Tujuan : Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid
berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan
penyaringan)
B.
Alat
dan bahan
Alat :
-
12
gelas kimia
-
Batang
pengaduk
-
Corong
-
Kertas
saring
Bahan
:
-
300
ml aquades
-
1
gram gula tebu
-
1
gram terigu
-
1
gram susu instan
-
1
gram urea
-
1
gram sabun
-
1
gram serbuk belarang
C.
Cara kerja
1.
Isilah
6 gelas kimia masing-masing dengan kira-kira 50 ml aquades
2.
Tambahkan:
1 gram gula tebu ke dalam gelas 1
1 gram terigu ke dalam gelas 2
1 gram susu instan ke dalam gelas
3
1 gram urea ke dalam gelas 4
1 gram sabun ke dalam gelas 5
1 gram serbuk belarang ke dalam
gelas 6
3.
Aduklah
setiap campuran (batang pengaduk harus dibilas dan dikeringkan lebih dahulu
sebelum digunakan untuk mengaduk isi gelas yang berbeda). Perhatikan dan catat
apakah zat yang dilarutkan dapat larut atau tidak dapat larut.
4.
Diamkan
campuran-campuran itu. Perhatikan dan catat apakah campuran stabil atau tidak
stabil , bening atau keruh.
5.
Saringlah
campuran pada setiap gelas masing-masing ke dalam gelas kimia yang bersih .
Perhatikan dan catat, campuran manakah yang meninggalkan residu, apakah hasil
penyaringan bening atau keruh.
Catatan : corong harus dibilas
dan dikeringkan sebelum digunakan untuk menyaring campuran yang berbeda.
D.
Data pengamatan
Campuran
dengan air
|
Gula
|
Terigu
|
Susu
|
Urea
|
Sabun
|
Serbuk
belerang
|
Larut / tidak
|
||||||
Stabil / tidak
|
||||||
Bening / keruh
|
||||||
Meninggalkan
residu/tidak
|
||||||
Filtrat
bening/keruh
|
E.
Pertanyaan
1.
Kelompokkanlah
campuran di atas apakah termasuk suspensi, koloid atau larutan ?
2.
Berdasarkan
sifat-sifat koloid, manakah campuran yang termasuk koloid?
3.
Buatlah
kesimpulan mengenai koloid!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar